Ini 10 Kebiasaan Berbeda Para Wanita Produktif yang Dapat Kamu Tiru

Ingin tahu rahasia wanita produktif dalam menggunakan waktu? Salah satu kebiasaan yang dapat mengurangi produktifitas adalah menunda pekerjaan. Mereka yang lebih efisien dalam kesehariannya ternyata memiliki beberapa kesamaan, yaitu konsistensi.

Seperti yang disadur dari poosh.com, kaum produktif biasanya memiliki action plan harian, menjalani kebiasaan sehat dan memprioritaskan jadwal tidur. Satu atau lebih dari kebiasaan tersebut dapat membantu kamu dalam manajemen waktu, sesuatu yang penting untuk dikuasai di jaman yang serba sibuk saat ini. Simak 10 kebiasaan dari wanita produktif dalam menjalani kehidupannya.

1. Memulai hari dengan meditasi atau menulis jurnal

Untuk memulai hari dengan lebih tenang, seimbang dan bebas ansietas, menulis jurnal adalah langkah pertama agar lebih produktif. Saat kamu pikiran dan emosi kamu lebih tertata, kamu akan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Selesaikan pekerjaan yang ada sebelum memulai pekerjaan baru

Fokus mengerjakan 1 hal dalam suatu waktu akan lebih bermanfaat dalam produktifitas karena tidak memberikan ruangan untuk kesalahan. Ada waktu dan tempat yang cocok untuk multitasking, gunakan pertimbangan kamu dalam hal mendelegasikan waktu dengan tepat.

3. Mengerjakan pekerjaan yang paling tidak berat

Kerjakan pekerjaan yang paling berat dan paling menjadi beban pikiran. Ketika sudah selesai, hari kamu akan terasa lebih ringan dan ada kesempatan untuk mengerjakan yang lainnya.

4. Berpikir di luar kebiasaan

Think outside the box. Dengan cara berpikir kreatif, kamu akan selalu menemukan cara untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat dan efisien.

5. Memiliki daftar prioritas

Dengan adanya daftar pekerjaan sesuai prioritas, kamu dapat fokus ke hal-hal yang harus diselesaikan segera.

6. Jalani jadwal tidur sehat
Jadwal tidur teratur akan membantu kamu untuk memiliki rutinitas yang sehat. Hasilnya, produktifitas kamu pasti meningkat.
7. Menu makanan yang sehat dan seimbang
Pilihan makanan sehat akan bermanfaat untuk memperkuat daya berpikir otak. Tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas hidup secara keseluruhan. Meal plan juga akan menghemat waktu kamu, dan mengurangi pikiran di setiap waktu makan siang atau malam.
8. Ikuti aturan 2-menit
Seorang productivity guru mengatakan, "Kalau suatu pekerjaan hanya membutuhkan 2 menit untuk diselesaikan, maka kerjakanlah pekerjaan tersebut segera." Dalam situasi bekerja misalnya, jangan biarkan email menumpuk sebelum kamu meresponsnya. 
9. Memiliki jadwal olahraga
Buat mereka yang produktif, olahraga adalah sesuatu yang dianggap sebagai aktivitas self-care.
10. Gunakan fitur 'fokus' di gawai
Batasi notifikasi yang masuk dalam gawai kamu untuk mengurangi distraksi dalam bekerja.